Sukanto Toding: Penyerahan Sertifikat Tanah, Bukti Komitmen Pemerintah

BUMISULTRA

KOLAKA UTARA--Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, melaksanakan seremoni penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat sebagai hasil dari Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilaksanakan Badan Pertanahan Nasional Kolaka Utara, di Aula Kantor Bupati, Selasa (12/12/2023).

Dr. Ir. Sukanto Toding mengungkapkan kegembiraannya atas keberhasilan kegiatan PTSL dan distribusi tanah tahun 2023. "Penyerahan sertifikat tanah ini merupakan bukti nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara melalui BPN Kolaka Utara dalam memberikan hak kepemilikan tanah kepada masyarakat," ujarnya.



Sertifikat tanah diserahkan secara simbolis kepada para Kepala Desa, yang turut hadir dalam acara tersebut. Kepala Desa menjadi perwakilan dari masyarakat penerima manfaat PTSL di berbagai wilayah di Kolaka Utara.

Distribusi tanah ini diharapkan dapat meningkatkan kepastian hukum dan ekonomi bagi masyarakat. "Sertifikat tanah adalah jaminan hak kepemilikan yang dapat meningkatkan nilai aset dan memberikan kepastian hukum kepada pemiliknya. Ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kolaka Utara untuk mendorong pembangunan yang berkelanjutan," tambah Dr. Ir. Sukanto Toding.

 Dikatakan bahwa pemerintah Kabupaten Kolaka Utara telah menuntaskan PTSL untuk 3500 bidang tanah serta program redistribusi tanah untuk 1000 bidang, sebuah capaian yang menandakan kerjasama yang erat antara pemerintah daerah, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, serta Kantor Pertanahan Kolaka Utara.

“Sertifikasi tanah bukan hanya memberikan kepastian hukum, tetapi juga melindungi dari praktik mafia tanah dan membuka akses ke lembaga keuangan formal,” ujar Dr. Ir. Sukanto Toding, menyoroti manfaat yang lebih luas dari program ini. “Sertifikat tanah menjadi kunci bagi masyarakat untuk mengembangkan sektor perkebunan, perikanan, pertanian, UMKM, dan perumahan.” ujar Penjabat Bupati. (*)

0 Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Balasan