Pemda Kolaka Utara Pamer Budaya Lokal di JFC

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA — Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP. MA bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). Ir. Hj. Nina Harini Yuniarti Sukanto, turut tampil bersama 35 penari kolaka utara dengan memakai pakaian Raja Kodeoha (Mokole Kodeoha) di Event Internasional Jember Fashion Carnaval (JFC) di Jember, Jawa Timur, Sabtu-Minggu (1-4/8/2024)

Penampilan Bupati dan Ketua Dekranasda bersama 35 penari tersebut memukau dewan Juri dan penonton pasalnya mereka tampil elegan dan menampilkan busana Carnaval bertemakan Enchanting Patowonua Island.

Usai tampil Ketua Dekranasda Kolaka Utara. Ir. Hj. Nina Harini Yuniarti Sukanto, mengatakan, di Event JFC ini Kolaka Utara, hadir untuk memperkenalkan keberagaman budaya lokal kepada dunia, melalui penampilan busana Carnaval unik dengan mengedepankan Kearifan lokal di kolaka utara.

“Melalui peragaan busana dan seni yang kaya akan budaya dan makna ini, kita mempromosikan kreasi Fashion dan Tarian dengan Tema Keragaman Bumi Patowonua Kolaka Utara,” ujar Nina melalui rilis resmi Dinas Kominfo, Senin (12/8/2024)

Lebih lanjut, Hj. Nina Harini Yuniarti Sukanto mengatakan dalam penampilan di tampilkan 10 Icon, 4 raja PATOWONUA, Parang tawu “PAHAMOI” Hasil Bumi KAKAO dan Cengkeh
Goa Tengkorak Taparang,Arung Jeram Tinokari, Rumah Adat “Raha Mbu”,Danau Biru (Matandahi).

Dan Kostum Yang di kenakan baik oleh Pj Bupati Kolut bersama Ibu, yaitu Pakaian yang biasa dikenakan oleh Raja Mokole Kodeoha.

Tema Keberagaman Bumi Patowonua menurut Nina, sebagai upaya Pemerintah kolaka utara dalam rangka Promosi Pariwisata & Kekayaan budaya yang ada di Bumi Patowonua, selain itu Kolaka Utara jg sebagai daerah Perjuangan, Wisata alam dan Budaya multi etnis di jazirah Sulawesi Tenggara.

Dalam moment JFC kali ini kabupaten Kolaka Utara mengikutsertakan 35 personel, yt Penari yang pakaiannya bertemakan Budaya sebagai sebuah makna simbolik 4 etnis terbesar di kolaka utara.

Penari Colour Gate serta 4 Raja dari Kerajaan Mokole Koedoha dan tidak hanya menampilkan motif kain Tenun Patowonua dan motif Dodo. Kolaka Utara juga menampilkan berbagai pertunjukan Tarian tradisional yang mampu memukau ribuan penonton dari berbagai daerah di Indonesia, maupun mancanegara.

Karena Pj Bupati Kolut dan Ibu Pj Bupati turut tampil bersama 35 penari kolaka utara dengan memakai pakaian Raja Kodeoha_Mokole ..

Keikutsertaan Kolaka Utara di event Jember Fashion Carnaval 2024 diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bumi Patowonua Kolaka Utara baik turis domestik maupun mancanegara.

Laporan : Ahmar

0 Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Balasan