Penjabat Bupati Kolaka Utara Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Jumat (10/11), Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Aspirasi, Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara. Suasana haru menyelimuti acara saat menyampaikan pesan-pesan pahlawan, menekankan nilai-nilai untuk para penerus bangsa.

Tema upacara kali ini, "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan," menjadi sorotan dalam amanat yang dibacakan oleh Pj. Bupati Kolaka Utara. Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, menggarisbawahi bahwa tema ini merupakan hasil renungan, untuk melawan penjajahan modern yang semakin nyata.

"Para pahlawan telah mengajarkan bahwa kita bukan bangsa pecundang. Semangat untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan tercermin dalam usaha dan ekonomi kerakyatan yang kini tumbuh di berbagai pelosok negeri. Bersama-sama, kita bangun fondasi yang kuat untuk Indonesia yang maju dan sejahtera," ungkap Dr. Sukanto Toding.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan penghormatan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Desa Puncak Monapa, Kecamatan Lasusua. Kapolres Kolaka Utara, AKP Arief Irawan, S.IK, memimpin penghormatan tersebut, memperkuat semangat kebangsaan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan.

Dalam pidatonya, Penjabat Bupati mengungkapkan rasa terharu atas makna pesan-pesan pahlawan yang tetap relevan hingga kini. Dirinya menegaskan pentingnya mewariskan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda sebagai fondasi membangun bangsa yang kokoh dan berdaya saing, nilai kepahlawanan masa kini bukan lagi berhadap hadapan melawan penjajah. 

oleh : Kominfo

0 Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Balasan