Penjabat Bupati Kolaka Utara Mengunjungi Lokasi Kolut Good Fermented

Dr. Ir. Sukanto Toding MSP, MA, Penjabat Bupati Kolaka Utara, mengunjungi lokasi  Kolut Good Fermented (KGF) , sebuah perusahaan lokal yang bergerak di bidang pengumpulan biji kakao basah. Selama kunjungannya, Penjabat Bupati tampak terkesan dengan inisiatif yang diambil oleh Rusling, pemilik perusahaan, berhasil menjual produk kakao secara internasional.

Saat mengunjungi lokasi KGF yang dikelola CV Afnan Syariah yang ada di desa Lelehao Kecamatan Watunohu dan mendengar cerita mengenai perjalanan perusahaan yang dikelola secara mandiri,  Penjabat Bupati mengakui bahwa pelaku usaha seperti Ruslin memiliki potensi yang dapat didorong lebih lanjut. Dia juga menyoroti pentingnya meningkatkan proses fermentasi biji kakao. Apresiasi diberikan kepada Ruslin atas peran strategisnya dalam regenerasi sektor pertanian, yang dianggap sebagai salah satu harapan bagi generasi yang terlibat di bidang ini.

“Sangat pentingnya meningkatkan sektor pertanian, dan ia memberikan contoh sukses KGF dalam memasarkan produknya ke pasar Eropa dan China. jika banyak orang seperti Ruslin di Kolaka Utara, sektor pertanian di Kolaka Utara akan semakin berkembang,”Jelasnya.

Selain itu orang di nomer satu di Kolaka Utara juga menyampaikan tantangan yang dihadapi pemerintah dalam membangun generasi kedua di sektor pertanian. Dia mencatat bahwa apa yang telah berhasil dilakukan di Jawa ternyata bisa diaplikasikan di Kolaka Utara. Hubungan dengan pembeli internasional juga sudah terjalin, menciptakan peluang yang harus ditingkatkan.

“Dalam konteks penguatan sektor pertanian, sangat penting program peremajaan, kebijakan anggaran, dan dukungan kepada petani melalui koperasi,”Jelasnya.


Sementara Pemilik Perusahaan KGF menyatakan bahwa sejak 2016 mendirikan perusahaan jatuh bangun sudah dirasakan, bahkan sering di tolak karena biji kakao basah yang diproduksi tidak mampu mempertahankan aroma khas, namun 2019 telah menemukan formulasi yang pas sehingga bisa mempertahankan aroma seperti aroma, pisang dan sirsak.

“Perusahaan ini berdiri sejak 2016 dan alhamdulillah sekarang sudah bisa berdiri dan memproduksi biji kakao fermentasi yang bisa tembus pasar luar,” katanya.

Diapun menyatakan bahwa ke depan pihaknya akan mengelola kakao menjadi bubuk,  yang nantinya harga kakao akan meningkat. KGF juga membangun kemitraan dengan petani dengan cara memberikan kupon setiap menjual di KGF, serta reward berupa pupuk dan pestisida.

Kunjungan Bupati Kolaka Utara ke KGF menjadi momen penting dalam mendukung perkembangan sektor pertanian di Kolaka Utara dan memberikan dorongan kepada pelaku usaha lokal seperti Ruslin.

oleh : Kominfo

0 Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Balasan