Nina Harini Yuniarti Dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Kolaka Utara

Burhan Andi Baharuddin - 2 Desember 2023

CHANELSULSEL.COM (KOLAKA UTARA)- Ibu Ir. Hj. Nina Harini Yuniarti resmi dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Kolaka Utara 2023-2025 oleh Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr.Ir Sukanto Toding, MSP, MA, di Perpustakaan Daerah Kabupaten Kolaka Utara, jumat 1 Desember 2023 Dalam acara tersebut, Nina Harini Yuniarti menegaskan tujuannya untuk meningkatkan literasi melalui keluarga guna menciptakan kondisi yang baik bagi kemakmuran, kesehatan, dan kedamaian manusia. Sebagai Bunda Literasi, Nina menggarisbawahi peran penting dalam memperkuat budaya literasi di keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat guna menciptakan generasi yang literat, berkarakter, dan mampu mengembangkan potensi daerah.

“Dalam era informasi online, kontrol dan bimbingan dari orang tua sangatlah penting agar anak-anak dapat fokus dalam proses belajar,” ujarnya, menekankan pentingnya peran keluarga dalam membentuk karakter anak secara umum Meskipun demikian, upaya meningkatkan minat membaca masih menghadapi kendala seperti ketersediaan bahan bacaan, akses internet, dan infrastruktur perpustakaan. “Partisipasi dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk menumbuhkan budaya literasi,” jelasnya. Sementara itu penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, menegaskan bahwa pengukuhan Bunda Literasi adalah yang pertama kali dilakukan di Kolaka Utara.

Ia juga menyoroti  tingginya tingkat literasi di daerah bumi Patowanua dengan banyaknya penulis-penulis buku yang ada di Kolaka Utara. “Mendorong gerakan literasi nasional, para pegiat literasi berperan sebagai garda terdepan dalam menjalankan program-program literasi, memastikan distribusi bahan pustaka ke desa-desa terpencil, dan menyelenggarakan berbagai aktivitas literasi untuk masyarakat,” katanya.
 

Kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah, dan pegiat literasi diharapkan dapat menghasilkan program-program yang berkualitas untuk menciptakan akselerasi gerakan literasi nasional. “Program prioritas Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) di Kolaka Utara telah berhasil melakukan replikasi ke perpustakaan desa dan mendapatkan apresiasi dalam implementasi program tersebut. Dukungan dari pemerintah pusat dan daerah menjadi kunci keberhasilan dalam pengembangan literasi,” jelasnya. Perpustakaan daerah bersama Bunda Literasi diharapkan mampu berkolaborasi untuk membangun masyarakat berpengetahuan dengan menyediakan akses informasi dan kegiatan pemberdayaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Balasan