Kolaka Utara Kembali Meraih Predikat WTP dari BPK untuk ke -10 kali, diterima oleh PJ Bupati

KENDARI, Prima Nusantara – Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Dalam Pemeriksaan  Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2024.

WTP yang ke sepuluh kali berturut – turut hingga tahun tahun 2024 ini, Merupakan pencapaian  Penghargaan bergengsi. Sehingga Pj. Bupati Kolaka Utara, Dr. Sukanto Toding menyambut langsung  di kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Kendari, Selasa (28/5/2024). 

Pj.Bupati Kolaka Utara, Dr.Sukanto Toding menyampaikan bahwa, Pencapaian ini merupakan bukti komitmen dan kerja keras semua stake holder yang terkait dalam menjaga integritas serta juga akuntablitas dalam pengelolaan keuangan daerah .“Prestasi yang diraih ini, berkat kerja keras semua pihak. Kami berkomitmen akan terus berupaya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah,” ungkapnya.

Sukanto Toding juga menyampaikan bahwa, Pemkab Kolut akan menfokuskan pada peningkatan kwalitas pelayanan publik dan pengelolaan anggaran yang lebih efesien dan efektif. “Dalam raihan opini WTP, Kolaka Utara menduduki peringkat kedua dengan nilai presentase 86,51 persen,” Ungkapnya.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Tenggara, Dadek Nandemar, S.E., MIT., Ak., CFE, CA, CSFA, CFrA, menyerahkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah daerah dan menyatakan dari 9 daerah di Bumi Anoa yang hari ini meraih opini WTP Kolaka Utara urutan kedua untuk pencapaian tindak lanjut dengan nilai presentasi 86,51 persen.

Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, S.Kel, M.SI, menyatakan bahwa penghargaan ini adalah hasil kolaborasi kerja antara pemerintah daerah dengan DPRD. “Ini adalah bukti bahwa kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah dan DPRD dapat menghasilkan pengelolaan keuangan yang baik,” ujarnya. Ketua DPRD juga menambahkan, “DPRD akan terus melakukan tindak lanjut sesuai arahan BPK untuk melakukan perbaikan melalui rapat bersama dengan Sekda. Kami juga akan memperbaiki beberapa regulasi seperti Perbup sesuai arahan BPK,” jelasnya.

Diketahui, Penghargaan ini diserahkan langsung Kepala Perwakilan BPKP Sultra, Dadek Nandemar dan disaksikan oleh Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, S.Kel, M.SI, Plt. Asisten III Sekretaris Daerah, Bakri, S.KM, Kepala Inspektorat Daerah, Dr. Hj. A. Syamsuriani, ST, serta Plt. Kepala Badan Keuangan, Nita Kusuma,SE.. (Red)

--primanusantaranews--

0 Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Balasan